Ini caption blablabla

EEPIS OnlineMahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus menorehkan prestasi. Tim Elika PENS, yang beranggotakan Alifiansyah Ramadlan, Joko Rumansyah, dan Khakam Taqiyudin Amrullah, telah berhasil meraih juara satu dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) EPSILON 2018. Selama empat hari, terhitung sejak Kamis, (19-22/4) serangkaian acara dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Tujuan tim ini mengikuti LKTI tingkat mahasiswa se-Indonesia dikarenakan untuk mewadahi ide dari tim tersebut untuk terus berkarya dan berinovasi.

            EPSILON 2018 merupakan serangkaian kegiatan oleh keluarga mahasiswa teknik nuklir dan teknik fisika dalam bidan energi baru dan terbarukan. Perlombaan ini mengusung tema ragam teknologi energi berbasis lingkungan. Dengan adanya tema ini Tim Elika mengajukan penelitiannya yang berjudul Garbage Transporters Renewable in Rivers With Energy (GATRY). Penelitian ini mengenai teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di sungai dengan konsep renewable energy.

Persiapan yang dilakukan oleh tim Elika PENS yakni mengatur waktu dan jadwal mereka untuk mengonsep dengan matang mengenai penelitian mereka. Tahap demi tahap mereka lewati. Tidak bergerak sendiri, tim ini tidak luput dari bimbingan oleh Ir. Era Purwanto, M, Eng yang merupakan dosen dari Teknik Elektro Industri (Elin). Pada EPSILON ini dilakukanlah presentasi untuk menunjukkan hasil penelitian. Kemudian tim ini pun mengikuti seminar yang bertajuk “Sustainable Energy, Optimasi Keberagaman Potensi Energy Berkelanjutan di Indonesia”. Dalam seminar ini pembahasan yang dipaparkan mengenai krisis energi dan renewable energi, serta dilanjutkan dengan pameran teknologi.

Dipenghujung perlombaan, terdapat Exceptional Closing For EPSILON (Exagon). Yang merupakan penutupan acara dimana terdapat stand teknologi yang menarik dan interuktif. Dengan meraih juara satu dalam lomba tersebut, tim Elika bermaksud mempersembahkannya untuk almamater PENS, orang tua, dan juga Allah S.W.T Berbagai dukungan dan doa menjadikan tim ini terus bersemangat untuk menciptakan hal-hal yang bermanfaat. “ Saya harap semoga tim Elika PENS, selalu bisa memberikan prestasi kepada PENS serta penelitian di PENS semakin berkembang yang kemudian PENS memiliki tempat dari mahasiswa untuk berkarya ilmiah sehingga bisa terus berlanjut kedepannya,” ungkap Khakam selaku salah satu anggota tim Elika PENS. (umi)