Select Page

EEPIS Online – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMIT) tepatnya departemen Luar Negri (Lugri) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melakukan aksi Tanam Pohon Rhizopora Mucronata. Ekowisata Mangrove, Wonorejo menjadi tempat yang dituju untuk pelaksanaan kegiatan ini. Meskipun secara nasional HMPI diperingati pada (28/11), Departemen Lugri HIMIT melakukan aksinya lebih dulu pada Sabtu, (25/11).

Ditujukan untuk seluruh mahasiswa PENS, panitia pelaksana berasal dari Lugri HIMIT dengan Muhammad Alif selaku ketua pelaksana menyampaikan persiapan ini memakan waktu yang cukup singkat. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, kita sebagai mahasiswa tidak harus selalu berfokus pada akademik, tapi kita juga peduli terhadap lingkungan dan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Dimulai dengan berkumpul di PENS dan berangkat bersama menuju mangrove, setelah itu makan bersama pun turut dilakukan demi menjaga kekompakan. Penanaman Rhizopora Mucronata dilakukan secara bergantian dengan perguruan tinggi lain.

Kegiatan HMPI ini terselenggara atas kerjasama yang terjalin dengan Dinas Pertanian Surabaya. Penanaman pohon kali ini menargetkan 300 pohon. Hutan mangrove disini, memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir. Penanaman pohon tersebut didampingi oleh Saliyanto yang merupakan bagian dari perawatan dan pembibitan. ”Kegiatan seperti ini sangat penting karena pohon ini dapat mencegah intrusi air laut, erosi dan  abrasi pantai serta pencegah dan penyaring alami dan masih banyak lagi manfaatnya,” ungkap beliau.

Kekompakan dan kebersamaan tampak dalam kegiatan tersebut. Bercanda bersama, saling membantu dan peduli satu sama lain. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama dan kembali ke PENS. “Pasca kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin, tak hanya itu semoga mahasiswa PENS semakin banyak timbul kepeduliannya terhadap lingkungan dan mau menjaganya,” ujar Muhammad Alif selaku ketua pelaksana.(umi/meg)