Select Page

EEPIS Online – Rabu (15/11), UPT Perpustakaan PENS mengadakan Workshop Peningkatan Kinerja SDM dalam Rangka Persiapan Akreditasi Perpustakaan tahun depan di Miniteater Gedung Pasca Sarjana Terapan lantai 6. Hadir sebagai pembicara tunggal, Bapak Sugeng Wahyu Ariadi S.Sos, MM., dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur.
Dalam presentasinya, Sugeng menjelaskan komponen-komponen utama sebuah perpustakaan dalam kaitannya dengan pelayanan dan proses akreditasi. Beliau pun banyak membagikan contoh kasus berdasarkan pengalamannya sebagai assessor akreditasi perpustakaan di Jawa Timur.
“Banyak hal yang harus diperbaiki dan diupayakan agar perpustakaan PENS dapat terakreditasi dengan baik. Mengingat masih ditemukan kekurangan dalam sisi internal perpustakaan, mulai dari kualifikasi dan pengembangan SDM nya hingga kelengkapan administratif lainnya. Ada beberapa poin dalam simulasi penilaian sementara akreditasi perpustakaan PENS yang kurang,”kata Sugeng.
Hingga saat ini, terdapat 3 perpustakaan dengan lokasi di Gedung D3, D4 dan Pasca Sarjana Terapan PENS. Dengan total jumlah 9 petugas, perpustakaan PENS beroperasional sejak jam 08.00 hingga 16.00 WIB setiap hari kerja.
Menurut Ira Prasetyaningrum, S.Si, MT., penting untuk mengetahui seberapa siap SDM perpustakaan untuk diakreditasi. “Dalam akreditasi, kita mendapatkan pengakuan secara formal dari lembaga standarisasi. Artinya, perpustakaan PENS butuh itu untuk mengetahui seberapa besar kualitas yang sesuai dengan standar. Masukan dari pembicara akan kami respon dan upayakan. Semoga perpustakaan PENS dapat mengikuti akreditasi tahun depan dan mendapatkan nilai yang baik,” terang Ka UPT Perpustakaan ini.(humas)