Select Page

EEPIS Online – Kamis (9/11), pelaksanaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 telah memasuki hari ketiga. Acara yang dilaksanakan di Sirkuit Kenjeran Park Surabaya ini tidak hanya berlangsung semakin meriah, namun juga semakin kompetitif. Keempat mobil delegasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yaitu Chapens Urban, Chapens Proto, EEPROVE Proto Gasoline, serta EEPROVE Proto Hybrid masih terus berjuang untuk memberikan hasil yang terbaik untuk almamater.

Hari ketiga, Tim Chapens Urban dan Tim Chapens Proto akan melakukan dua kali race. Setelah hasil yang masih kurang memuaskan pada race pertama, Tim Chapens Urban terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan efisiensi pada mobil. Terbukti, hasil yang didapat pada  race kedua dan ketiga hari ini meningkat dari race pertama. 

Tim Chapens Proto menorehkan hasil yang cukup baik dan meningkat tajam dari hasil race pertama. Setelah gagal finish di race pertama dikarenakan adanya masalah pada baterai, tim terus melakukan perbaikan. “Kemarin race pertama gagal karena masalah baterai. Baterai yang kita gunakan hari ini itu dua kali lebih berat dari baterai yang lama. Jadi, ini kami masih berusaha mencari solusi dengan membongkar dan memperbaiki baterai,” tutur Yodya Angga Karditama sebagai salah satu anggota Tim Chapens Proto. Chapens Proto menorehkan hasil 245 km/kWh dalam waktu 29 menit 13 detik pada race kedua, dan 264 km/kWh dalam waktu 29 menit 21 detik pada race ketiga. Yodya mengaku hasil itu masih jauh dari target yang mereka ingin capai, yaitu diatas 300km/kWh.

Dua tim lainnya, yakni tim EEPROVE Gasoline dan EEPROVE Hybrid masih terus berusaha memperbaiki masalah yang muncul saat inspeksi mobil. Sempat mengalami masalah kelistrikan  pada hari pertama, di hari ketiga ini terdapat masalah pada mesin saat dilakukan inspeksi terhadap EEPROVE Gasoline. Kendala-kendala tersebut tidak membuat Tim EEPROVE patah semangat, mereka terus berjuang sekuat tenaga untuk melakukan perbaikan pada kedua mobil. Hasil yang terbaik tentunya diharapkan dari keempat delegasi PENS pada ajang bergengsi ini. (res/meg)